Home Bisnis 4 Cara Merenovasi Rumah Tanpa Hutang

4 Cara Merenovasi Rumah Tanpa Hutang

37
0

Japanesia.co.idRumah itu memang membutuhkan perawatan atau renovasi setiap saat agar tetap aman dan terjaga dengan baik. Namun untuk melakukan perawatan atau renovasi cukup membingungkan. Ini tidak lain karena biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah ini cukup besar. Jadi dari sini tidak jarang orang menunda renovasi karena tidak ada biaya. Kalau pun situasinya mendesak, maka mereka mau tidak mau harus meminjam uang atau berhutang untuk melakukan renovasi ini. Sebenarnya, merenovasi rumah ini tidak harus berhutang. Sebab, ada 4 tahap yang bisa Anda lakukan untuk bisa melakukan renovasi tanpa hutang. Penjelasan berikut.

Tentukan Bagian yang Akan Direnovasi

Pertama, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk merenovasi rumah tanpa harus berhutang adalah menentukan bagian yang ingin Anda renovasi. Dalam istilah aktual, renovasi dimaksudkan untuk memperbaiki bagian-bagian rumah yang rusak. Dari sini Anda perlu menentukan skala prioritas. Untuk menghindari hutang, pastikan Anda melakukan renovasi bagian-bagian rumah yang sangat penting. Misalnya, bagian-bagian rumah yang berbahaya jika tidak direnovasi atau untuk mencegah panas dan hujan. Hindari renovasi rumah pertama untuk keperluan estetika seperti mempercantik dapur dan lainnya. Dengan biaya terbatas dan keinginan untuk tidak berutang, Anda harus pintar dalam menentukan skala prioritas bagian rumah yang akan direnovasi. Kecuali memang Anda punya dana besar untuk renovasi ini.

Rincian Anggaran untuk Renovasi

Rincian Anggaran untuk Renovasi

Setelah menentukan skala prioritas untuk renovasi, langkah selanjutnya yang perlu Anda ambil untuk menghindari utang ketika merenovasi rumah adalah dengan merinci anggaran yang diperlukan. Bahkan jika Anda baru saja merenovasi bagian paling penting dari rumah, Anda masih perlu menentukan anggarannya. Hal ini dilakukan agar biaya yang ada tidak membengkak atau melampaui prediksi. Seperti kita ketahui bahwa harga bahan bangunan ini juga terus meningkat. Sekarang dari sini Anda perlu menentukan anggaran. Agar lebih baik, cobalah datang ke tukang dan minta perincian daftar harga untuk biaya renovasi. Dari daftar terperinci ini, Anda dapat memikirkan kembali rencana renovasi yang akan dilakukan. Jika memang detailnya tidak melebihi anggaran atau anggaran maka Anda bisa melakukan renovasi. Tetapi jika rincian harga melebihi dana yang Anda miliki, Anda harus menunda untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Berencana untuk Menghemat Sebelum Renovasi Selesai

Selanjutnya, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk merenovasi rumah tanpa harus berutang adalah menabung sebelum renovasi dilakukan. Jika memang rincian anggaran tertulisnya ternyata melebihi uang yang tersedia, maka mau tidak mau Anda harus menundanya dan mulai menabung segera. Ada dua cara untuk menghemat kebutuhan renovasi rumah Anda sendiri. Pertama, Anda dapat menggunakan produk tabungan (reguler) untuk menempatkan dana tabungan. Kedua, Anda dapat menerapkan dana pasar uang atau investasi emas yang dapat membuat Anda terhindar dari pembengkakan anggaran revitalisasi.

Siapkan dana cadangan 10 persen dari total anggaran renovasi

tahapan yang perlu Anda lakukan untuk merenovasi rumah tanpa harus berhutang adalah menyiapkan dana cadangan 10 persen dari total anggaran renovasi. Dalam renovasi, detail anggaran yang telah disiapkan memang bisa lebih besar. Ini karena harga bangunan yang tidak pasti setiap hari. Karena itu Anda harus mengumpulkan dana dari detail yang sudah ada. Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan dana cadangan sekitar 10 persen dari total anggaran. Dari dana cadangan ini, Anda dapat dengan tenang melakukan renovasi. Meskipun ada pembengkakan harga yang tidak terduga, Anda tidak perlu panik dan tidak perlu utang. Karena, Anda memiliki dana cadangan untuk menutupi kekurangan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here