Daftar Pemenang Shougakukan Manga Award ke-60

Salah satu penghargaan manga terbesar di Jepang, Shougakukan Manga Award, baru saja mengumumkan para pemenang untuk edisi tahun 2014.

Berikut daftar Pemenang Shougakukan Manga Award ke-60:

– Kategori Umum

Aoi Honoo

Aoi Honoo manga

Mangaka : Kazuhiko Shimamoto

Sinopsis : Berlatar waktu pada awal tahun 1980an, ada seorang pemuda yang memiliki mimpi untuk menjadi mangaka terkenal. Pemuda ini bernama Honoo Moyuru. Ia tidak memiliki uang, hanya mimpi yang ia punya. Kemudian ia merasakan bahwa ia sebenarnya tidak memiliki kemampuan (menjadi mangaka) dan berakhir untuk membeli beberapa sake meskipun ia tidak terbiasa meminum alkohol. Manga ini menggambarkan sebuah elegi untuk pemuda yang menghabiskan harinya dengan ambisinya yang mulai pudar.

Asahinagu

Asahinagu  manga

Mangaka : Ai Kozaki

Sinopsis : Berkisah tentang seorang siswi bernama Toujima Asahi yang ingin memulai image barunya di sekolah barunya, Futatsuzaka High School. Ternyata perubahan image tak semudah yang ia kira, hingga ia bertemu dengan Maharu yang memperkenalkannya dengan Naginata, sebuah olahraga seperti Kendo.

– Kategori Shonen

Be Blues! Ao ni Nare

Be Blues! Ao ni Nare (Manga)

Mangaka : Motoyuki Tanaka

Sinopsis : Ryuu Ichijou adalah seorang bocah SD yang memiliki mimpi untuk menjadi pemain sepakbola timnas Jepang. Ia kerap disebut sebagai pemain bola yang jenius, namun suatu saat ia mengalami kecelakaan mobil karena menolong temannya dan harus menjalani rehabilitasi selama 2 tahun. Cerita manga ini kemudian berfokus pada Ryuu yang bergabung dengan klub sepakbola di SMA dan bekerja keras untuk menyembuhkan sisa cedernya untuk mencapai mimpinya.

– Kategori Shoujo

Joou no Hana

Joou no Hana (Manga)

Mangaka : Kaneyoshi Izumi

Sinopsis : Berkisah tentang sebuah negri yang dibagi menjadi 4 wilayah kekuasaan: Sou, Kou, Do, dan Ah. Raja Ah mengambil istri dari Kou dan Do, sehingga menciptakan hubungan yang goyah  antar wilayah kekuasaan.

– Kategori Anak

Youkai Watch

Youkai Watch (Manga)

Mangaka : Noriyuki Konishi

Sinopsis : Ketika berjalan di jalanan kota, Amano Keita melihat sebuah mesin mainan kapsul di pepohonan dan memutuskan untuk membeli 1 mainan. Namun ketika ia membuka kapsul, muncul sebuah makhluk menyerupai hantu bernama Whisper materializes. Terkesan karena Keita tidak takut , ia memutuskan untuk memberikan Keita sebuah youkai Watch,  jam tangan yang memungkinkan pemakai untuk melihat youkai. Youkai adalah makhluk yang masing-masing jenis memiliki berbagai jenis kemampuan magis yang tidak bisa terlihat oleh manusia.

 

Tentang Shougakukan Manga Award

Shougakukan Manga Award dimulai semenjak tahun 1955 dan menampilkan kandidat dari berbagai publisher. Awalnya penghargaan hanya untuk kategori umum dari tahun 1955 hingga tahun 1974, kemudian pada tahun 1975 ditambahkan kategori Shonen, dan disusul kategori Shoujo. Dan pada akhirnya dilengkapi dengan kategori anak pada tahun 1982.

Beberapa nama yang pernah memenangi Shougakukan Manga Award di masa lalu diantaranya adalah : Silver Spoon, I am a Hero & Magi.

Sumber : MAL