Fireworks, Seharusnya Kita Lihat Dari Bawah atau Dari Samping?

uchiagehanabi

Uchiage Hanabi, Shita Kara Miru ka? Yoko Kara Miru ka? (Fireworks, Should We See It from the Side or the Bottom?) atau yang biasa disebut dengan Fireworks (saja) atau Uchiage Hanabi, merupakan sebuah Film TV (live action drama) yang sudah tayang di Jepang pada Agustus 1993 dengan Shunji Iwai sebagai writer dan directornya, akan dirilis anime film-nya pada Agustus 2017 mendatang.

Untuk anime filmnya, Hitoshi Oone (Bakuman live action, Moteki) sebagai script writer, Nobuyuki Takeuchi (Spirited Away, Bakemonogatari) sebagai director, dan Akiyuki Simbo (Madoka Magica, Nisekoi) sebagai chief director, mengerjakan film ini dibawah Studio SHAFT.

uchiagehanabi-visual

Script buatan Hitoshi Oono merupakan versi modern dari original story-nya. Bercerita tentang sekelompok anak laki-laki yang ingin melihat kembang api dari puncak mercusuar untuk mengetahui apakah kembang api itu bulat atau datar jika dilihat dari samping. Namun, salah seorang anak mendapatkan ajakan dari seorang perempuan untuk melarikan diri bersamanya.

Pengisi suara di film ini akan dibintangi oleh Hirose Suzu sebagai Nazuna, Suda Masaki sebagai Norimichi, dan Mamoru Miyono sebagai Yuusuke.

FYI: Original film dari film ini tayang sebagai bagian dari If: Moshimo Series dan telah membuat Shunji Iwai mendapatkan New Directors Award dari Directors Guild of Japan pada tahun 1993. Shunji Iwai juga sudah pernah membuat anime film berjudul Hana to Alice Satsujin Jiken (The Case of Hana and Alice) yang merupakan film anime pertamanya.

sumber: Official Website, ANN, Wikipedia