[REVIEW] Kimi no Na wa. (Your Name.)

kimi-no-na-wa

Kimi no Na wa. (Your Name.), film terlaris di jepang yang menggemparkan dunia akhirnya tayang di Indonesia. Ucapan terima kasih tentunya harus diberikan kepada Moxienotion yang telah memboyong film ini sampai bisa tayang di tanah air.

Kimi no Na wa bercerita tentang Mitsuha Miyamizu (Mone Kamishiraishi) dan Taki Tachibana (Ryunosuke Kamiki) yang bertukar tubuh setelah mereka terbangun dari tidurnya. Mitsuha merupakan seorang siswi SMA yang tinggal di Itamori yang berada di Perfektur Gifu, sementara Taki adalah seorang siswa SMA yang tinggal di Tokyo. Pada awalnya mereka merasakan pertukaran tubuh itu seperti mimpi yang sangat nyata, namun ketika hal tersebut terjadi kembali, bahkan mulai sering, mereka pun saling meninggalkan pesan satu sama lain sebagai catatan harian saat bertukar tubuh.

Hari-hari yang mereka lalui saat bertukar tubuh membuat perasaan mereka menjadi terikat, terikat semakin kuat satu sama lain. Namun tiba-tiba suatu hari mereka tidak lagi bertukar tubuh, apa yang terjadi? Taki yang menyadari hal ini pun berusaha mengubungi Mitsuha melalui nomor telepon yang ditinggalkannya di smartphone miliknya saat mereka bertukar tubuh, namun tidak terhubung, apa yang terjadi? Karena perasaan mereka yang terhubung sangat kuat, Taki pun berusaha mencari tahu apa yang terjadi dan pergi mencari Mitsuha.

kimi-no-nawa-your-name-1

Kimi no Na Wa menyajikan sebuah cerita sederhana yang perlahan menjadi kompleks, namun cukup mudah dipahami oleh penonton. Seperti film-film Makoto Shinkai yang sebelumnya, penonton akan dibuat naik-turun secara emosi. Selain itu Makoto Shinkai mencoba keluar dari pakem filmnya yang biasanya cenderung penuh dengan kegalauan dan serius, kali ini ia menyelipkan banyak dialog atraktif, juga joke yang berhasil membuat penonton tertawa. Namun, meskipun ceritanya sangat menarik dan disajikan dengan baik, entah mengapa feel yang saya rasakan kurang begitu dalam dan berkesan.

kimi-no-nawa-your-name-9

Seperti yang kita ketahui, anime yang dibuat Makoto Shinkai sangatlah terkenal dengan art yang memanjakan mata. Pemandangan langit, lanskap kota dan alam kembali disajikan dengan sangat apik dan detil di film ini. Secara visual, film-film Makoto Shinkai pun sangat mengagumkan, tak pernah mengecewakan.

RADWIMPS, yang bertugas mengisi musik (soundtrack dan backsound) untuk film ini juga terbilang berhasil membuat lagu dan sound yang sangat apik, hingga berbagai macam emosi yang terdapat di film ini pun menjadi semakin terasa dan menyentuh hati penonton. Meskipun menurut saya musik yang dihadirkan kali ini tidak se-memorable lagu-lagu di film sebelumnya seperti One more time, one more chance di 5 Centimeters Per Second ataupun Rain di Kotonoha no Niwa.

kimi-no-nawa-your-name-10

Dari sisi pengisi suara, Ryunosuke Kamiki dan Mone Kamishiraishi sukses mensuarakan dua karakter utama film ini dengan baik. Suara dan ekspresi dari mereka berdua terdengar sangat natural saat Taki dan Mitsuha saling bertukar tubuh.

Kredit juga patut diberikan kepada beberapa pengisi suara di film ini. Kanon Tani yang mengisi suara Yotsuha Miyamizu (Adik Mitsuha), meskipun ini merupakan anime pertamanya, aktris cilik pemeran Menma di live action Anohana ini melalui suaranya mampu membuat celotehan yang dilontarkannya menjadi lucu dan menyenangkan. Masami Nagasawa yang merupakan seorang aktris kawakan juga ikut mengisi suara di film ini sebagai Onodera Miki dan Kana Hanazawa yang sebelumnya mengisi suara Yukino Yukari di Kotonoha no Niwa, kini kembali lagi mengisi suara dari Yukino Yukari di film ini.

kimi-no-nawa-your-name-35

Kesimpulannya, Kimi no Na wa merupakan film yang bagus dan menghibur, terutama dari segi dialog yang atraktif dan musik yang dihadirkan oleh RADWIMPS. Saya rasa film ini sangatlah worth to watch untuk semua pecinta genre film, tidak terlalu drama, tidak terlalu romance, dan tidak terlalu komedi, semua aspek cerita disajikan dengan sangat baik di film ini. Visual dari Makoto Shinkai pun sudah tidak perlu diragukan lagi, sangatlah ciamik dan memuaskan.

Jadi, tunggu apa lagi untuk menonton film no. 1 di Jepang ini? Kimi no Na wa  sudah tayang mulai tanggal 7 Desember 2016 di CGV Blitz, Cinemaxx Theater, dan Platinum Cineplex.

 

  • Add Your Comment

    5 × four =